Thursday, February 07, 2008

Comunication & Information Technology (Tugas Manajemen)

Ga tau buat apaan...Pokonya tugas Manajemen ajah...
suruh nyari pengertian dari kata2 yang di tebelin
Lumayan buat yang aga tau...





E-MAIL

Singkatan dari Electronic Mail. Pesan, atau surat secara elektronik, baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet.
Sebuah alamat e-mail yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnya: namasaya@yahoo.com.

Tidak jarang ditulis email saja. Diartikan sebagai surat elektronik. Prinsipnya hampir sama dengan surat konvensional yang biasa dikirimkan melalui POS, perbedaannya adalah medianya. Jika melalui surat konvensional surat ditulis diatas kertas, dengan e-mail surat ditulis dalam bentuk elektronik.

IM
merupakan perangkat lunak yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat (instant messaging), suatu bentuk komunikasi secara langsung antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan, misalnya Internet.

VOICEMAIL
Adalah mesin penjawab yang diintegrasikan dengan PBX (private Branch Exchange) atau key telephone system. Sistem voice mail ini bisa digunakan pada perkantoran untuk menyimpan pesan-pesan yang masuk. Fasilitas ini bisa didapatkan langsung pada perusahaan telekomunikasi (penyedia jaringan telepon), dan tergantung kepada ketersediaan tersebut tentunya. Atau bisa juga dengan cara memasang suatu perangkat tambahan, atau memasang network interface card yang ditancapkan pada PC.

FAX
Faksimile (dibaca: /faksimile/[1]) atau fax adalah alat yang mampu mengirimkan dokumen melalui jaringan telepon dengan hasil yang sama percis dengan aslinya. Dukungan untuk menjalankan sebuah mesin Fax adalah Group, class, data transmission rate dengan rekomendasi dari ITU-T . Fax memanfaatkan sambungan PSTN dan nomor telepon. Prinsip dasar dari fax yaitu gabungan perangkat dari scanner gambar, modem, Printer dengan grup Jaringan, dan juga mesin Photo copy.

EDI
Electronic Data Interchange, Disingkat dengan EDI. Merupakan mekanisme untuk pertukaran data-data untuk keperluan bisnis secara elektronis. Adanya EDI dapat mempercepat proses bisnis. Kelemahan EDI adalah implementasinya yang sangat spesifik dan tertutup sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya Internet, mulai muncul EDI (over) Internet, dan Open EDI yang diharapkan dapat menekan biaya dengan menggunakan Internet.

TELECONFRENCE
Secara harfiah diartikan konferensi atau rapat jarak jauh, artinya pertemuan jarak jauh antara beberapa orang yang fisiknya berada pada lokasi yang berbeda secara geografis. Diskusi bisa dilakukan secara realtime dan interaktif dengan dukungan infrastruktur jaringan serta perangkat multimedia.

VIDEO CONFRECE
Konferensi atau pertemuan melalui video. Pertemuan ini dibantu oleh berbagai macam media jaringan seperti telpon ataupun media lainnya yang digunakan untuk transfer data video. Kemudian televisi dihubungkan dengan saluran tadi yang membawa data informasi video dan suara.
Video conferencing memakai telekomunikasi untuk menyatukan beberapa orang di beberapa lokasi yang secara fisik terpisah, untuk suatu pertemuan. Masing-masing lokasi dalam sebuah sistem videoconference membutuhkan sebuah ruang yang diperlengkapi dengan sarana untuk mengirimkan dan menerima video, umumnya melalui satelit.
Video conference ini telah digunakan secara luas selam beberapa dekade. Beberapa perusahaan telah menggunakannya selama waktu tersebut untuk mengatur proyek-proyek yang ada di beberapa lokasi yang tersebar.
Video conference membantu berbagai organisasi menangani waktu, kerumitan, dan jarak. Menghadirkan personifikasi kepemimpinan dengan memungkinkan para manajer senior bertemu lebih teratur dengan staff, menangani proyek, serta pertemuan evaluasi manajemen dan krisis

INTRANET
Intranet (Internal Network) merupakan jaringan komputer dalam perusahaan yang menggunakan komunikasi data standar seperti dalam Internet. Artinya, semua fasilitas Internet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam perusahaan (atau dalam suatu organisasi). Dengan kata lain, Intranet dapat dikatakan ber-internet dalam lingkungan yang terbatas.

EKSTRANET
Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.



Source :
http://id.wikipedia.org/
http://www.total.or.id/

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan beri komentar Anda mengenai artikel diatas di kolom ini:

TRaffic meter

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More