Friday, August 03, 2007

Poker Jawa, Permainan Kartu Paling Populer di Sekolah-Sekolah Indonesia

Poker Jawa atau Pokjaw, begitulah nama game yang bakal gw review ini. Gw kagak tau kenapa namanya Poker Jawa, apa karena yang berasal dari Jawa? God knows... sebenarnya game ini dah gw maenin semenjak kelas 1 SMP, tapi baru bisa sangat mahir ketika gw kelas 1 SMA. Anehnya, peraturan di setiap daerah bahkan sekolah bahkan kelas[!] berbeda!!! Meneketehe kenapa?.. Siapkan dek kartu karena kita bakalan maen!!!


Aturannya mudah aja.. maksimal pemain adalah 4 orang [kenapa 4? Kalau kurang, peluang dapet bom ~bakalan gw jelasin lagi nanti~ lebih besar dan kalau lebih, susah dapet kartu bagus ^^].. setiap orang di bagi 13 kartu. Di game ini, joker tidak dipakai [entah itu joker merah, hitam, dan keduanya]. Jika baru pertama kali main, kartu pertama yang harus dikeluarkan adalah 3 wajik, tapi jika game telah masuk ke game ke-2 dan seterusnya, maka yang jalan duluan adalah yang menang pertama,lalu kedua.... tapi ingat, karena kita bermain dengan posisi duduk tetap, maka yang jalan ketiga adalah yg ada di sebelah pemenang kedua [mau itu yang menang ketiga atau yang kalah], dst.. yang kalah juga harus bergantian dengan orang yang sudah waiting list dimana orang tersebut harus duduk pada posisi orang yang kalah tadi.

Aturan Mengeluarkan Kartu

Aturannya ada 4 yaitu : Single, Dobel, Tris, ama Paket... setiap aturan hanya bisa dilawan dengan aturan yang sama, misalnya single hanya bisa dilawan dengan single lagi dan tidak bisa dilawan dengan dobel, tris, dan paket. Setiap aturan juga terdiri dari berbagai tingkatan yang bakal gw jelasin lagi nanti ^^ Setiap orang jika itu giliran dia yang pertama buang kartu, bebas mengeluarkan aturan yang mana dan jika ada orang lain yang membuang kartu paling besar dan tidak ada yang melawan lagi, maka ia berhak mengeluarkan aturan baru [terserah mau yang mana]^^ . Bila ada orang yang tidak bisa melawan kartu lawan, maka ia harus pas sampai “perang kartu” itu berakhir dan mulai lagi dengan aturan baru oleh orang yang tadi memenangi “perang kartu” tadi.

Lambang yang paling besar adalah sekop, hati, keriting, dan yang terkecil wajik contohnya: AS sekop akan lebih besar dari AS hati, AS hati akan lebih besar dari AS keriting, AS keriting akan lebih besar dari AS wajik, dan AS wajik tidak akan bisa melawan AS sekop, hati, dan keriting.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Dari kiri ke kanan [dari paling besar ke paling kecil], sekop, hati, keriting, dan wajik.


Nilai kartu yang paling besar adalah 2 sekop [setiap 2 disebut “poker”] dan yang paling kecil adalah 3 wajik [kelas gw menyebutnya 3 pecun alias 3 pecundang]. Tapi, dalam suatu keadaan, 2 sekop bisa menjadi nilai yang kecil dan juga bisa dengan mudah dikalahkan dan 3 wajik juga bisa menjadi kartu “pembunuh” ~akan dijelaskan nanti~. Setiap nomor yang tertera di kartu itu menyatakan nilai kartu tersebut, misalnya 3 nilainya 3, 4 nilainya 4, 5 nilainya 5, dst.. Khusus J nilainya 11, Q nilainya 12, K nilainya 13, dan AS nilainya bisa 14 dan bisa menjadi paling kecil yaitu 1 [Kenapa? Akan dijelaskan nanti].

Tujuan permainan ini adalah kartu yang ada di tangan harus habis.

1. Aturan Single
Seperti namanya, di aturan ini para pemain hanya bisa membuang satu kartu. Aturan ini adalah aturan termudah. Nilai paling kecil adalah 3 wajik dan yang terbesar adalah 2 sekop. Intinya, para pemain harus saling mengalahkan kartu lawan sampai semua lawan pas. Misalnya: 3 wajik dilawan ama 8 hati kemudian dilawan lagi ama J sekop trus dilawan lagi ama K keriting dan kemudian dilawan lagi ama 2 sekop. Jika yg keluar adalah 2 sekop, maka putaran ditutup dan dibuat putaran baru lagi oleh orang yang mengeluarkan 2 sekop itu. Tapi, 2 sekop bisa dilawan dengan bom ~akan dijelaskan nanti~ ^^ Oh ya, dalam aturan ini ada hal yang bisa dibilang pro dan kontra yaitu CERIA, dimana semua lambang memilik nilai yang sama misalnya 3 sekop bisa dilawan dengan 3 wajik, 3 wajik dilawan lagi dengan 3 hati, 3 hati dilawan lagi dengan 3 keriting, dll... sebenarnya CERIA ini digunakan untuk membuang kartu ^^ [terutama 3 wajik] Tapi, untuk membuat CERIA berlaku maka dibutuhkan persetujuan dulu antar pemain ^^ dan maksimal CERIA adalah sampai angka 10. J,Q,K,AS, apalagi 2 tidak bisa CERIA. Sebenarnya neh aturan ada untung ada buruknya seh.. tergantung kita dalam posisi apa [terjepit atau tidak].. Tapi, biasanya kalau tinggal sisa 2 pemain dimana salah satu pemain tinggal memegang sedikit kartu, maka CERIA tidak berlaku.

2. Aturan Dobel
Seperti namanya, di aturan ini para pemain harus mengeluarkan 2 kartu yang sama sekaligus. Nilai terbesar adalah dobel 2 dimana terdapat 2 sekop di dalamnya dan nilai terkecil adalah dobel 3 wajik dan keriting. Misalnya: 4 dengan 4, 5 dengan 5, 6 dengan 6, dll. Bebas mau itu sekop dengan hati, wajik dengan hati, dll. Tapi, yg dilihat adalah kartu dengan nilai terbesarnya. Misalnya: dobel 4 wajik dan hati akan kalah dengan dobel 4 keriting dan sekop karena terdapat 4 sekopnya. Jadi intinya, para pemain mesti harus saling mengungguli kartu lawan misalnya : dobel 3 dilawan dengan dobel 6 dilawan lagi dengan dobel 9,dst...



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Dobel


Pada aturan dobel, ada 2 hal yang merupakan aturan spesial yaitu Brother dan Brother Panjang atau Brother/Sister. Brother adalah 2 dobel yang berurutan misalnya dobel 6 dan dobel 7, dobel J dan dobel Q, dst.... uniknya Brother hanya bisa dilawan dengan Brother lagi. Brother Panjang atau Brother/Sister adalah 3 dobel yang berurutan misalnya : dobel 6, dobel 7, dan dobel 8 lalu dobel 3, dobel 4, dan dobel 5, dst.... uniknya Brother Panjang atau Brother/Sister hanya bisa dilawan dengan Brother Panjang atau Brother/Sister. Karena peluang mendapatkan Brother Panjang atau Brother/Sister ini sangat susah, biasanya tidak akan ada yang bisa melawan ^^ Yg dilihat pada Brother & Brother Panjang atau Brother/Sister adalah dobel terakhir dengan nilai kartu yang menyusunnya [nilai terbesar kartu yang menyusunnya]. Misalnya Brother 3 & 4 dengan 4 sekop didalamnya akan menang melawan Brother 3 & 4 yang berisi 4 lainnya. Brother Panjang atau Brother/Sister 3,4,dan 5 yang berisi 5 sekop akan menang melawan Brother Panjang atau Brother/Sister 3,4,dan 5 yang berisi 5 lainnya, dst... Nilai Brother tertinggi adalah Brother K & AS dimana terdapat AS sekop didalamnya dan yang terkecil adalah brother AS dan 2 dimana dobel 2-nya tersusun dari 2 wajik dan keriting. Nilai AS pada Brother bisa menjadi kecil dan besar tergantung dengan kartu gabungannya. 2 nilainya kecil karena hanya bisa digabung dengan AS dan 3. Nilai Brother Panjang atau Brother/Sister tertinggi adalah brother Q,K,dan AS dimana terdapat AS sekop didalamnya dan terendah adalah Brother Panjang atau Brother/Sister AS, 2, dan 3 dimana dobel 3-nya tersusun dari 3 wajik dan keriting. Sama seperti Brother, Nilai AS bisa menjadi kecil dan besar tergantung dengan kartu gabungannya. 2 nilainya kecil karena hanya bisa digabung dengan AS dan 3.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Brother

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Brother Panjang atau Brother/Sister


3. Aturan Tris
Kita lanjut ke aturan yang lebih rumit. Tris artinya kita mesti membuang 3 kartu [Bebas mau pasangan apa aja]. Tris ini dibagi lagi menjadi 2 tingkat. Tingkat terkecil adalah tris itu sendiri dan color.

Tris
Di tingkat ini pemain harus membuang 3 kartu yang sama. Misalnya: 3 buah kartu 3, 3 buah kartu 4, dst.... [pasangan bebas] Nilai tertinggi adalah 3 kartu 2 dengan 2 sekop didalamnya dan nilai terkecil adalah 3 buah kartu 3 yang berisikan 3 wajik, 3 keriting, dan 3 hati. Tris bisa dilawan dengan tris lagi atau dengan color. AS disini nilainya 14 bukan 1.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Tris


Color
Color AKAN SELALU lebih besar dari tris. Bisa dibilang tingkat ini adalah tingkat tertinggi di aturan tris. Pemain masih harus membuang 3 kartu, dimana 3 kartu itu harus berurutan dan terdiri dari lambang yang sama. Nilai tertinggi adalah Q, K, dan AS sekop dan nilai terkecil adalah AS, 2, dan 3 wajik [?]. Misalnya: 3,4,dan 5 sekop lalu J,Q, dan K wajik. Khusus dalam aturan color, AS bisa menjadi paling besar dan paling kecil. Bila digabung dengan Q dan K, maka nilainya menjadi besar namun bila digabung dengan 2 dan 3, maka nilainnya akan sangat kecil. 2 juga sama. Di aturan color, 2 bukanlah paling besar karena mau tak mau 2 hanya bisa digabung dengan AS dan 3 serta 3 dan 4, dimana nilai keduanya sama-sama kecil. Color hanya bisa dilawan dengan color lagi, tidak bisa dengan tris.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Color


4. Aturan Paket
Sampai juga kita pada aturan yang paling rumit dan terdiri dari berbagai tingkatan... Aturan ini terdiri dari 6 tingkat yaitu :

1. Straight [dibaca : Straik]
2. Colour
3. Full House
4. Split
5. Flush [dibaca : Flas]
6. Royal Strike Flush

1 merupakan tingat terkecil dan 6 adalah tingkat tertinggi. Setiap tingkat bisa dilawan oleh tingkat yang sama dengan nilai lebih tinggi atau tingkat yang lebih tinggi ^^

1. Straight
Straight adalah tingkatan terkecil dalam aturan paket. Intinya adalah 5 kartu berurut dari lambang berbeda [bebas pasangannya], misalnya 3 wajik, 4 hati, 5 sekop, 6 keriting, dan 7 wajik lalu 8 hati, 9 sekop, 10 wajik, J sekop, dan Q hati, dst.... nilai tertinggi adalah Straight 10 sampai AS dimana AS tersebut adalah AS sekop dan nilai terendah adalah Straight AS sampai 5 dimana 5-nya adalah 5 wajik. AS bisa menjadi paling besar dan juga paling kecil. Paling besar jika digabung dengan 10,J,Q,dan K serta paling kecil [bernilai 1] jika digabung dengan 2,3,4,dan 5. Berlaku juga dengan 2, dimana 2 nilainya kecil di tingkat ini. Straight bisa dilawan dengan Straight lagi dengan nilai lebih tinggi atau dengan tingkat yang lebih tinggi. Di aturan ini yang dilihat adalah kartu terakhirnya. Misalnya : Straight 3 hati ,4 sekop ,5 wajik ,6 keriting ,dan 7 wajik akan kalah dengan Straight 3 wajik, 4 hati, 4 sekop, 6 wajik, dan 7 hati.. dst...



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Straight


2. Colour
Sebenarnya seh hampir sama dengan Color di aturan Tris, tapi disini yang dibuang mesti 5 kartu dengan urutan tidak berurutan. Tapi, masih dengan lambang yang sama. Misalnya 2,5,8,J,dan K wajik lalu 3,AS, 9, 5, dan K hati, dst... disini yang dilihat adalah lambang.. jadi Colour wajik akan selalu kalah oleh Colour keriting, Colour keriting akan selalu kalah oleh Colour hati, Colour hati akan selalu kalah oleh Colour sekop, dan Colour sekop adalah yang tertinggi. Jadi, walau didalamnya ada 10, J,Q,K, dan bahkan AS, jika kalah lambang, maka tetap saja kalah misalnya : Colour 6, J, Q, K, dan AS wajik akan kalah dengan Colour 3,8,5,9 dan 7 keriting ^^ . Colour bisa dilawan dengan Colour lagi dengan nilai lebih tinggi atau dengan tingkat yang lebih tinggi.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Colour


3. Full House
Ini bukan nama drama Korea itu.... Intinya mah mudah, yaitu gabungan sebuah tris dengan sebuah dobel. Misalnya: tris 3 dan dobel 4, lalu tris 4 dan dobel K. Disini, yang dilihat adalah trisnya. Misalnya: tris 6 dengan dobel AS akan kalah dengan tris 6 hati dengan dobel 3. Intinya, walau dobelnya besar tapi kalau trisnya kecil, nilai full housenya kecil. Full House bisa dilawan dengan Full House lagi dengan nilai lebih tinggi atau dengan tingkat yang lebih tinggi. Nilai full house terbesar adala tris AS dengan dobel apapun dan nilai terendah adalah tris 2 dengan dobel apapun. Jadi, 2 tidak ada apa-apanya di aturan ini.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Full House


4. Split
Split.. ada yg bilang Banana Split [kayak nama makanan aja XD] adalah gabungan dari sebuah Color digabung dengan dobel. Misalnya: color 4,5,6 hati dengan dobel 8, color 5,6,7 wajik dengan dobel J. Disini, yang dilihat adalah Colornya. Misalnya: color 7,8,9 dengan dobel K akan kalah dengan color 9,10,J hati dengan dobel 3. Intinya, walau dobelnya besar tapi kalau colornya kecil, nilai Splitnya kecil. Split bisa dilawan dengan Split lagi atau dengan tingkat yang lebih tinggi. Nilai tertinggi adalah color Q,K,AS sekop dengan dobel apapun dan nilai terendah adalah color AS, 2, 3 wajik dengan dobel apapun. Jadi, AS nilainnya bisa menjadi besar atau kecil tergantung pasangannya dan 2 nilainya kecil di aturan ini.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Split


5. Flush
Flush termasuk kategori bom ~akan dijelaskan nanti~. Intinya sama seperti straight, tapi dengan lambang yang sama. Misalnya 3,4,5,6,7 wajik lalu 8,9,10,J,Q sekop. Nilai tertinggi adalah 9,10,J,Q,K sekop dan nilai terendah adalah AS,2,3,4,5 wajik. Jadi, disini AS dan 2 bernilai kecil. Flush dapat dilawan dengan Flush lagi dengan nilai lebih tinggi atau dengan tingkat yang lebih tinggi. Karena termasuk kategori bom, maka flush dapat mengalahkan kartu yang tingkatnya ada dibawahnya [termasuk aturan single, dobel dan tris]. Tapi, tidak bisa mengalahkan Royal Straight Flush ~untuk lebih jelasnya akan di bahas di bagian “Bom”~



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Flush


Royal Straight Flush
Merupakan kartu tingkat tertinggi di dalam Pokjaw yang dapat mengalahkan apapun [baik itu aturan single, dobel, tris ,dan paket] bahkan bom sekalipun. Tetapi, Royal Straight Flush juga memiliki tingkatan. Paling tinggi sekop lalu hati lalu keriting dan yang paling kecil wajik. Intinya mah sama seperti Flush yaitu 5 kartu berurutan dengan lambang yang sama. Hanya saja urutannya harus 10, J,Q,K,dan AS. Walau memiliki tingkatan, karena peluang untuk mendapatkan Royak Straight Flush sangat kecil sekali [tapi gw pernah dapet ^^], mendapatkan tingkat apapun rasanya kita sudah pasti menang ^^ Royal Straight Flush hanya bisa dilawan oleh Royal Straight Flush dengan tingkat lebih tinggi.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Royal Straight Flush


Lain-lain

Bom
Yang dimaksud dengan bom adalah kartu dengan nilai tinggi yang dapat mengalahkan kartu lain. Orang yang dibom akan langsung kalah dan orang yang ngebom akan jadi pemenang dan game berakhir. Sebanarnya, semua kartu baik itu aturan manapun dapat dibom. Tapi jika ingin orang yang dibom langsung kalah, maka yang dibom haruslah kartu 2!!! 2 itu baik single maupun dobel. Kenapa tris 2 tidak dapat dibom? Karena pada dasarnya tris pasti kalah dengan color ^^ [kasian juga klo ada orang ngeluarin tris 2 dikalahkan dengan color 3,4,5 wajik ^^] Tapi, bila orang yang ngebom itu dibalas dengan bom yang lebih tinggi, maka orang yang mengeluarkan bom yang lebih kecil tadilah yang kalah ^^ Jadi bukan orang yang dibom di awal. Jika yang di bom, kartu ditangannya sudah habis, maka ia tidak kalah. Tetapi yang ngebom dianggap mengalahkan kartu terakhir yang tadi dibuang. Bom juga ada tingkatannya yaitu :

1. 4 kartu yang sama, misalnya 4 kartu 3, 4 kartu 4, 4 kartu AS, dll
2. Flush
3. Royal Straight Flush

1. 4 kartu yang sama
Bom ini adalah bom dengan tingkat terkecil. Tapi namanya aja bom, dapetinnya aja udah susah setengah mati ^^. Bom ini bisa digunakan untuk mengebom single 2 [baik itu sekop, hari, keriting, atau wajik]. Dobel 2 tidak bisa dibom dengan bom ini. Bom ini dapat dikalahkan dengan bom 4 kartu yang sama dengan nilai lebih tinggi atau dengan bom dengan tingkat lebih tinggi.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Bom 4 kartu yang sama


2. Flush
Sebenarnya sama seperti flush di aturan paket. Intinya sama seperti straight, tapi dengan lambang yang sama. Misalnya 3,4,5,6,7 wajik lalu 8,9,10,J,Q sekop. Nilai tertinggi adalah 9,10,J,Q,K sekop dan nilai terendah adalah AS,2,3,4,5 wajik. Jadi, disini AS dan 2 bernilai kecil. Flush dapat dilawan dengan Flush lagi dengan nilai lebih tinggi atau dengan tingkat yang lebih tinggi. Karena termasuk kategori bom, maka flush dapat mengalahkan kartu yang tingkatnya ada dibawahnya [termasuk aturan single, dobel dan tris]. Tapi, tidak bisa mengalahkan Royal Straight Flush. Flush ini dapat digunakan untuk mengebom single, dobel 2, dan bom 4 kartu yang sama.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Flush


3. Royal Straight Flush
Merupakan kartu bom tingkat tertinggi di dalam Pokjaw yang dapat mengalahkan apapun [baik itu aturan single, dobel, tris ,dan paket] bahkan bom sekalipun. Tetapi, Royal Straight Flush juga memiliki tingkatan. Paling tinggi sekop lalu hati lalu keriting dan yang paling kecil wajik. Intinya mah sama seperti Flush yaitu 5 kartu berurutan dengan lambang yang sama. Hanya saja urutannya harus 10, J,Q,K,dan AS. Walau memiliki tingkatan, karena peluang untuk mendapatkan Royal Straight Flush sangat kecil sekali [tapi gw pernah dapet ^^], mendapatkan tingkat apapun rasanya kita sudah pasti menang ^^ Royal Straight Flush hanya bisa dilawan oleh Royal Straight Flush dengan tingkat lebih tinggi. Royal Straight Flush dapat digunakan untuk mengebom single 2, dobel 2, bom 4 kartu yang sama, bom Flush, dan bom Royal Straight Flush dengan nilai yang lebih kecil.



Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Royal Straight Flush


Pemenang
Pemenang adalah yang kartunya habis lebih dulu dari pemain lain.

Loser
Loser atau yang kalah adalah pemain yang kartunya masih tersisa ketika pemain lain sudah habis kartu di tangan atau yang terakhir habis. Biasanya yang kalah ini bakal diganti oleh orang lain yang udah waiting list atau disuruh beresin kartu, ngocok kartu, trus ngebagiin kartu dan game pun dimulai lagi. Pokjaw tidak pernah mengenal kata DRAW.

Sistem Waris
Yang dimaksud dengan sistem waris ini adalah sebuah keadaan di mana salah seorang pemain tinggal tersisa beberapa kartu di tangan. Dimana kartu itu dibuang ketika gilirannya, otomatis kartu ditangannya habis kan? Tapi, ternyata tidak ada yang bisa melawan kartu yang tadi ia keluarkan. Otomatis giliran berikutnya diberikan kepada pemain disebelahnya [dimana ia membuat aturan baru lagi ^^]. Gw contohkan: si A buang 3 wajik, dilawan si B ama 8 hati, dilawan si C ama AS sekop, tapi dilawan lagi ama si D ama 2 sekop. Ternyata, kartu di tangan si D sudah habis. Karena yang ia buang terakhir adalah 2 sekop, otomatis kan gak ada yang ngelawan [sebenarnya bisa seh dilawan ama bom XD]? Maka, giliran berikutnya membuang kartu diberikan ke si A. Ngerti gak? Kagak seperti CERIA yang masih pro dan kontra, sistem ini sudah baku dalam aturan Pokjaw di berbagai daerah.

Larangan
1. Kartu 2 ditangan maksimal 3, bila ada orang yang memiliki 4 kartu 2 ditangan, maka game diulangi dan kartu dikocok kembali.
2. Tidak boleh curang [menyembunyikan kartu ,kerja sama, tukeran kartu, dan perbuatan yang merugikan orang lainnya....]
3. Kalau kamu kalah, jika ada orang yang waiting List, maka kamu harus gantian.
4. Bila sudah membuang kartu, tidak bisa diambil kembali.

Saran
1. Selalu periksa berbagai kemungkinan kartumu.. apa harus dibuat single, dobel, tris, atau paket...
2. Jangan takut membuang kartu.. malah kamu bisa kalah kalau kertumu disimpan terus.
3. Jangan memperlihatkan dan memberitahu kartumu ke pemain lain.
4. Jangan terlalu lama berpikir untuk membuang kartu jika giliranmu tiba. Biasanya waktu berpikir membuang kartu adalah 10 detik. Lebih dari itu dianggap pas. Itu membuat pemain lain jengkel lama menunggu.

End Note

Sebenarnya seh mirip-mirp ama poker Vegas, tapi yang ini lebih mudah dimengerti dan bisa dimainkan siapa saja. Cuman gara2 aturannya beda2 mulu jadi ogah bin males maennya juga....
huhuhuhuhuu.....
original by japaneserainbow.multiply.com

12 komentar:

Nice Post Gan ...

silahkan berkunjung ke blog terbaru saya di : http://blog.rizkyaulya.info/2007/08/poker-jawa-permainan-kartu-paling.html

Sebenarnya kalo ngeluarin poker(2) di akhiran apakah pemain tersebut tetap menang,bingung nih aturannya beda2,mau maen jadi debat,ada yg bilang klo dikeluarin terakhir yg ngeluarin 2 terakhir kalah,ada yg bilang tetep menang, jadi yg bener yg mana?....

Sebenarnya kalo ngeluarin poker(2) di akhiran apakah pemain tersebut tetap menang,bingung nih aturannya beda2,mau maen jadi debat,ada yg bilang klo dikeluarin terakhir yg ngeluarin 2 terakhir kalah,ada yg bilang tetep menang, jadi yg bener yg mana?....

dua dua nya bisa bang, gimana ceria nya aja

gimana ceria nya aja bang

Aturan ngebom itu gimana ya,kan ada yang buang poker (2) dulu yang harus di bom,dan ada yang terserah yang ngebom,yang betul gimana ya bang

Aturan ngebom itu gimana ya bang,kan ada yang buang poker(2) duluan yang di bom,dan ada juga yang terserah pemain,yang Bener gimana ya ??

Bom seri berapa kartu?

menurutku naruh poker diterakhir menguntukan giliran setelahnya jadi biar adil poker dulu baru kartu yg lain jadi permainan tetap berjalan.

Gabisa main lu 👍

klo ditempat gw poker gboleh dikluarin akhir bng, gtau klo dtempat lu

Post a Comment

Silahkan beri komentar Anda mengenai artikel diatas di kolom ini:

TRaffic meter

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More